bisnis online

Bisnis Online: Apa itu Sistem Dropship dan Reseller?

bisnis onlineBisnis online menjadi bisnis paling diminati saat ini oleh para pelaku bisnis. Selain praktis dan cepat, bisnis semacam ini juga kerap menghasilkan keuntungan yang tidak main-main, sehingga membuat orang betah menjalankannya. Salah satu jenis bisnis yang digandrungi adalah online shop atau toko online. Online shop merupakan bisnis di dunia maya yang menjual barang-barang secara online. Barang yang dijual pun bermacam-macam dari kebutuhan sandang, papan, sampai pangan. Banyak pula sistem kreatif yang diterapkan dalam bisnis semacam ini demi memperlancar perputaran barang dagangan sehingga menghasilkan banyak keuntungan. Sistem yang paling dikenal di dunia online shop yakni dropship dan reseller.

Beda Dropshipper dengan Reseller di Bisnis Online

Pada dasarnya dropship dan reseller adalah sama, yakni sama-sama bertujuan menjual kembali barang yang diambil dari distributor atau produsen. Bedanya hanya terletak pada sistem penjualannya. Orang yang melakukan dropship disebut dropshipper. Seorang dropshipper tidak perlu menyetok barang terlebih dahulu karena mereka hanya mempromosikan melalui foto-foto barang tersebut. Jika ada yang berminat, maka dropshipper akan menghubungi pihak distributor untuk mengirim barangnya. Keuntungan yang di dapat dari sistem bisnis online di online shop ini dari harga yang sudah ditambahkan ke harga asli dari distributor oleh dropshipper. Seorang dropshipper tidak harus memiliki modal awal karena dia tidak menyetok barang, dan hanya memajang gambar dari barang tersebut.

Sedangkan pada sistem reseller, pelaku bisnis tersebut harus terlebih dahulu menyetok barang untuk dijual kembali, sehingga butuh modal untuk belanja barang. Reseller ini juga bisa memperkerjakan para dropshipper untuk memasarkan barang dagangannya. Jadi, kedua sistem ini sama-sama menguntungkan apabila kita jeli dalam melihat peluang untuk memasarkan barang. Jika kalian tidak memiliki modal sepeser pun, maka sistem dropship bisa dijadikan pilihan karena hanya bermodalkan gambar barang dan strategi pemasaran dari kalian sendiri. Bagi kalian yang punya modal, sistem reseller adalah yang paling tepat sehingga kalian bisa membeli barang untuk kemudian dijual kembali. Menarik, kan? Nah, untuk mengintip peluang lain, coba cek bisnis online, siapa tahu kalian tertarik untuk memperlebar sayap bisnis kalian. Selamat mencoba!

Related posts: