obat kolesterol

Bumbu Dapur Sebagai Obat Kolesterol Tradisional

obat kolesterolDisekitar kita ada banyak sekali jenis tumbuhan atau tanaman yang sebagian besar dapat dimanfaatkan untuk kepentingan manusia. Ada banyak tanaman yang ada mulai dari jenis buah-buahan, sayur-sayuran, tanaman keras dan sebagainya. Hingga kita juga mengenal istilah tanaman bumbu dapur, yaitu bagian tanaman yang dapat digunakan untuk membuat makanan lebih terasa lezat. Dari beberaja jenis bumbu dapur juga dapat digunakan sebagai obat. Pengobatan tradisional banyak memanfaatkan bumbu dapur tersebut contohnya jahe untuk menghangatkan badan dan menghilangkan masuk angin, jeruk nipis untuk obat batuk, kunyit untuk obat sakit perut. Begitu juga ada beberapa bumbu dapur yang dapat digunakan sebagai obat kolesterol tradisional.

Mencari Obat Kolesterol Tradisional di Dapur

Jenis bumbu dapur pertama yang dapat digunakan sebagai obat kolesterol tradisional adalah bawang putih. Bawang putih adalah salah satu bumbu dapur yang wajib ada dan digunakan oleh hampir semua ibu di Indonesia. Cara menggunakan bawang putih sebagai obat kolesterol dapat bermacam-macam, bisa dengan dimakan mentah, dicampurkan dalam masakan maupun dengan dijadikan tablet. Namun banyak orang yang kurang suka mengkonsumsi bawang putih secara langsung karena aromanya yang menyengat dan getir, sehingga lebih baik mengkonsumsinya setelah diolah menjadi tablet atau dikemas dalam bentuk kapsul.

Jenis bumbu dapur selanjutnya yang dapat digunakan sebagai obat kolesterol tradisional adalah masih kerabat bawang putih, yaitu bawang merah. Senyawa flavonoid yang terkandung dalam bawang merah dapat membantu menurunkan kadar kolesterol yang tinggi. Karena rasanya yang lebih enak daripada bawang putih, kita bisa langsung mengkonsumsi secara mentah dengan diris dan dicampur nasi. Selanjutnya ada juga daun salam yang termasuk golongan bumbu dapur dan bermanfaat untuk menurunkan kolesterol darah. Cara mengkonsumsinya bisa dengan cara dijadikan minuman yaitu merebus beberapa lembar daun salam dengan air mendidih. Tunggu hingga airnya berkurang dan sarinya keluar, setelah dingin dapat disaring dan diminum. Jadi, ketika kolesterol kita naik tak ada salahnya kita memanfaatkan bumbu dapur sebagai obatnya. Ketika kita mengolahnya dengan benar dan mengkonsumsi secara teratur maka dapat memberikan manfaat positif bagi tubuh.

Related posts: