cara budidaya jamur tiram

Cara Budidaya Jamur Tiram Dengan Baglog

cara budidaya jamur tiramcara budidaya jamur tiramBudidaya jamur tiram saat ini mengalami perkembangan yang cukup signifikan sehingga membuat ketersediaan akan jamur di pasaran tercukupi. Karena memang permintaan akan jamur tiram semakin meningkat hingga sekitar 3 ton per harinya di setiap kota. Saat ini bahkan banyak penjual camilan jamur semakin menjamur sehingga jamur menjadi semakin diminati. Cara budidaya jamur tiram membantu berkembangnya olahan jamur di Indonesia dan membuat masyarakat mengerti akan gizi yang terkandung pada jamur tiram. Dengan demikian maka tak heran jika banyak petani dan peternak mencoba peruntungannya menjadi petani jamur tiram. Meskipun pada awalnya hanya sebagai home industry.

Cara Budidaya Jamur Tiram Dan Hamanya

Apa pun tanamannya sebagai petani tentunya harus mewaspadai berbagai gangguan hama dan gangguan lainnya pada tanamannya. Begitu juga dengan jamur tiram juga memiliki berbagai hama yang patut untuk diwaspadai. Terdapat 3 faktor penyebab gangguan pada cara budidaya jamur tiram, yang pertama adalah untuk menghindari hama ulat yang sering timbul karena kelembaban yang berlebihan terutama pada musim penghujan. Untuk pencegahannya adalah aturlah sirkulasi udara dengan membuka lubang sirkulasi dan menghentikan penyiraman pada kumbung. Kemudian bersihkan sekitar rumah kumbung dengan penyemprotan formalin. Juga bersihkan pangkal jamur habis panen sebelumnya yang dapat menimbulkan hewan kepik yang kemudian jadi timbulnya ulat.

Kemudian hama semut dan laba-laba yang pencegahannya hanya dapat dilakukan cara manual seperti membongkar sarangnya dengan minyak tanah dan jika terdapat pada bunga jamur maka dapat dibersihkan dengan tangan. Jangan lengah terhadap jamur lain yang tumbuh pada jamur tiram seperti Mucor sp, penicilium sp dan sebagainya yang terjadi pada baglog sehingga akan membuat miselium berwarna hitam dan sebagainya. Cara budidaya jamur tiram pada serangan jamur tersebut dapat menghambat pertumbuhan jamur bahkan tidak akan tumbuh sama sekali. Untuk menghilangkannya dengan mengantisipasi saat pembuatan baglog dan penanaman bibit yang harus terjaga kebersihannya. Jika baglog sudah terkontaminasi jamur, baglog harus dimusnahkan. Demikian kiranya penjelasan tentang beberapa gangguan hama pada jamur tiram yang patut diwaspadai.

Related posts: