cara budidaya jamur tiram

Cara Budidaya Jamur Tiram Putih: Mengatur Suhu, Kelembaban, Dan Cahaya

cara budidaya jamur tiramCara Budidaya Jamur Tiram Putih kali ini kita akan belajar mengenai pengaturan suhu, kelembaban udara, dan pencahayaan untuk tanaman jamur. Jamur tiram merupakan salah satu usaha yang bisa menguntungkan. Jamur tiram juga merupakan makanan yang mengandung banyak manfaat. Lemak tak jenuh di dalamnya juga membuatnya cocok dikonsumsi dalam masa diet. Jamur tiram memiliki kandungan vitamin B, B1 (tiamin), B2 (riboflavin), vitamin C, vitamin D, dan provitamin D2 (ergosterol). Mineral paling utama adalah Fosfor, Kalium, Natrium, Magnesium, dan Kalsium. Anda bisa menuliskan manfaat tersebut pada kemasan jamur tiram Anda saat dijual untuk menarik perhatian konsumen.

Cara Budidaya Jamur Tiram Putih: Mengatur Suhu, Kelembaban, Dan Cahaya

Cara budidaya jamur tiram putih untuk mengatur suhu, serat pada miselium dalam jamur tiram putih dapat tumbuh baik dalam suhu 23℃ - 28℃, yang merupakan suhu normal pada masa pertumbuhan. Pada suhu kurang dari 23℃, miselium tetap dapat tumbuh namun lambat. Untuk tumbuh membentuk kerang, jamur tiram putih membutuhkan waktu 2 – 3 hari dalam suhu 13℃ - 15℃. apabila tidak mendapat suhu rendah, maka tidak muncul tumbuh buah atau muncul dalam watu yang lama. Tahap kedua dari pertumbuhan jamur tiram putih membutuhkan suhu 12℃ - 37,8℃.

Kelembaban sangat besar pengaruhnya dalam perkembangan dan pertumbuhan miselium jamur tiram putih. Jika air terlalu sedikit, perkembangan dan pertumbuhannya minimal terganggu atau bisa berhenti. Sebaliknya, jika air terlalu banyak miselium malah bisa menjadi busuk. Jamur tiram akan tumbuh baik di tempat lembap namun bukan genangan. Oyster miselium tumbuh baik pada kadar air kira-kira 60%. untuk memberi rangsangan pertumbuhan tubuh buah dan tunas, jamur memerlukan kelembaban antara 70% – 85%. Miselium dapat tumbuh baik dalam cahaya redup. Tetapi, tubuh buah justru tidak akan tumbuh dalam kondisi gelap gulita. Jamur tiram memerlukan Cahaya sebagai perangsang tubuh buah. Akan tetapi, cahaya matahari langsung justru merusak jamur, mengakibatkan jamur layu, dan membuat ukuran jamur lebih kecil. Maka dari itu, sebaiknya Anda memelihara jamur di dekat pohon yang teduh. Demikian cara budidaya jamur tiram untuk mengatur suhu, kelembaban, dan cahaya.

Related posts: