Peluang usaha

Membuat Usaha Sederhana Agribisnis dengan Modal yang Kecil dengan Tersedianya Peluang Usaha

Peluang usaha

Banyaknya Peluang usaha, membuat jumlah wirausaha saat ini mulai bertambah, dari pengusaha yang menjalankan usaha sampai skala yang besar dan luas, wirausaha menengah yang dapat menguasai pasar lokalnya bahkan dari kalangan UKM (Usaha Kecil Menengah) juga ikut berpartisipasi pada tingkat usaha nasional. Dengan adanya UKM, produk lokal unggulan daerahnya masing—masing dapat terkenal ke cakupan wilayah yang lebih luas. UKM biasanya menjual barang-barang yang banyak tersedia di wilayahnya dan menjual lagi di wilayah yang lebih luas atau cakupan konsumen yang lebih luas.  Adapun UKM yang mengolah produk mentah unggulan daerahnya agar nilai tambah produk tersebut lebih meningkat.

Contoh Peluang Usaha pada bidang Agribisnis

Contoh dari pemanfaatan Peluang usaha pengolahan produk mentah pertanian contohnya daerah Banjarnegara mengungguli daerah lain pada komoditas buah salak yang dihasilkan banyak petani salak di daerah tersebut, UKM di Banjarnegara dapat memasok buah salak tersebut yang harganya tentunya murah dibanding daerah atau kota lain karena penawaran (supply) buah salak yang disediakan oleh daerah tersebut tinggi. Mengkaji kembali hukum supply and demand (penawaran dan permintaan) pada teori ekonomi, bahwa penawaran akan suatu barang atau jasa dapat mengurangi harga produk atau jasa tersebut, dengan kata lain makin banyak penawaran maka makin turun harganya. Karena daerah tersebut mempunyai persediaan (penawaran) hasil panen salak yang tinggi, maka harga salak tersebut akan menurun. Sehingga UKM dapat membeli salak tersebut dengan harga yang murah.

Selanjutnya salak tersebut dapat diolah menjadi produk hasil pertanian yang nilai jualnya lebih tinggi dari hanya menjual buah salak. Olahan salak dapat berupa keripik salak, jenang salak, manisan salak dan olahan salak lainnya. Setelah diolah, buah salak yang tidak tahan lama karena unsur air dan membutuhkan banyak tempat (untuk hasil panenannya) menjadi produk yang lebih tahan lama dan tidak memakan banyak tempat penyimpanan, seperti keripik dan jenang salak. Apalagi, harga keripik dan jenang salak lebih mahal dibanding hanya buah salaknya saja. Perbandingan harga olahan dengan buahnya saja bisa berbeda 2 kali lipat. Maka dari itu kita perlu memahami Peluang usaha di sekitar kita seperti halnya daerah Banjarnegara tersebut.

Related posts: