tips kesehatan

Menghindari Pikun Dengan Sehatnya Otak

tips kesehatanPikun. Tentu setiap orang tidak mau mengalaminya, namun tentu saja semua orang pun tidak dapat menghindarinya. Pikun gejalanya bisa terlihat dari seringnya lupa mengingat sesuatu, bahkan yang sederhana sekalipun. Walaupun sebagian besar gejala pikun lebih banyak menyerang usia lanjut, namun tidak menutup kemungkinan masih di usia muda sudah menjadi pelupa. Menjadi seorang pelupa adalah kerugian yang sangat besar bagi diri sendiri. Lupa bisa dikategorikan sebagai penyakit apabila sudah dalam taraf parah. Lupa dengan tingkatan paling parah disebut hilang ingatan atau amnesia, baik hilang ingatan jangka pendek, ataupun hilang ingatan jangka panjang. Lupa tidak bisa disembuhkan, akan tetapi bisa diturunkan kadarnya. Penyebab lupa itu sendiri terjadi arena beberapa faktor, yaitu karena kadar gula dalam darah sangat tinggi, kurangnya istirahat, karena tidur mendengkur, metabolisme tubuh menurun, depresi, usia, terlalu banyak konsumsi obat, dan kebiasaan mengonsumsi pil tidur.

Lupa merupakan hilangnya kemampuan memproduksi apa yang telah dipelajari, dialami, ataupun dilihat sebelumnya. Pada dasarnya lupa adalah menurunnya daya kemampuan otak untuk menyimpan memori karena kurangnya asupan oksigen ke otak, sehingga otak ketika dipaksa untuk mengingat tidak akan mampu menguraikannya. Kurangnya asupan oksigen ke otak dapat terjadi karena kesehatan tubuh yang terganggu. Untuk itulah perlunya menjaga kesehatan terutama otak agar kinerja otak dapat bekerja baik.

Beberapa tips kesehatan untuk otak dapat dilakukan untuk mencegah agar tidak cepat pelupa atau pikun. Pertama adalah mengonsumsi makan yang khusus menutrisi otak. Bahan makanan tersebut terdapat pada buah bit, buah Blueberry, bawang merah, brokoli, dan juga pisang. Cukupkan minum air putih. Lakukan pula senam otak. Senam otak yaitu dengan melatih kemampuan otak untuk mengingat sesuatu. Caranya dengan selalu mengingat dan menyebutkan hal-hal yang sudah diketahui sebelumnya secara berulang-ulang. Dengan demikian otak akan terbiasa memproduksi apa yang telah tersimpan dalam memori. Relaksasikan otak setelah bekerja berpikir dengan keras seperti melihat jarak jauh pemandangan atau dengan tidur yang cukup. Hal ini untuk meregenerasikan otak agar kembali fresh dan segar.

Related posts: