alat ukur

Perbedaan Alat Ukur Jangka Sorong dan Mikrometer Sekrup

alat ukurDalam istilah matematika pasti Anda akan mengenal istilah pengukuran. Pengukuran adalah suatu kegiatan yang dilakukan untuk mengetahui ukuran suatu benda. Sedangkan dalam ilmu fisika, pengukuran dapat dilakukan dengan alat ukur. Ada banyak alat yang dapat kita gunakan untuk melakukan pengukuran. Anda dapat menggunakan penggaris atau mistar, jangka sorong, maupun mikrometer sekrup. Umumnya semua orang pasti tahu penggaris. Namun kebanyakan orang sulit mengenal jangka sorong dan mikrometer sekrup. Nah dalam artikel ini akan mengulas perbedaan dari kedua alat tersebut. Anda tidak akan mengalami kesulitan untuk membedakannya. Untuk itu mari kita simak ulasan berikut ini.

Kenali Perbedaan Alat Ukur Ini

Mikrometer sekrup dan jangka sorong memang alat ukur yang sama-sama untuk mengetahui panjang suatu benda. Namun tahukah Anda apa perbedaan diantara keduanya? Rupanya masih banyak orang yang berbolak-balik dengan istilah kedua benda tersebut. Sebenarnya jangka sorong adalah suatu alat ukur panjang seperti mistar atau penggaris. Namun penggunaan jangka sorong lebih pada seberapa besar panjang diameter suatu benda. Jika Anda ingin mengukur diameter bola, maka Anda dapat menggunakan alat ini. Jangka sorong ditemukan oleh ilmuwan asal Perancis bernama Pierre Vernier. Jangka sorong memiliki dua bagian, yaitu rahang tetap dan geser. Bagian geser inilah yang dinamakan dengan sorong. Alat ini memiliki dua skala, yakni skala utama dan skala nonius. Skala utama terletak pada rahang tetap, sedangkan skala nonius terletak pada rahang geser. Ketelitian ukur benda ini bisa mencapai 0,1 milimeter.

Sedangkan mikrometer sekrup adalah alat pengukur yang digunakan untuk mengukur ketebalan suatu benda. Misalnya untuk mengukur ketebalan buku, kayu, besi, kaca, atau lainnya dapat menggunakan alat ini. Mikrometer sekrup terdiri dari dua bagian yakni poros tetap dan poros ulir. Skala utama terletak pada poros tetap sedangkan nonius pada poros ulir. Untuk ketelitian hitungnya mencapai 0,01 milimeter. Nah itulah perbedaan dari alat ukur jangka sorong dan mikrometer sekrup. Tentunya Anda sudah tidak lagi bingung kan?

Related posts: