mesin potong kayu

Perbedaan Jenis Mesin Potong Kayu Jigsaw Dan Circular

mesin potong kayuMesin potong kayu terdiri dari dua jenis yaitu mesin pemotong kayu jigsaw dan circular. Kedua mesin tersebut memang banyak di  gunakan terutama dalam pembuatan berbagai alat dan mebel yang terbuat dari kayu. Dengan menggunakan mesin tersebut maka pabrik bisa lebih menghemat waktu dan tenaga sekaligus karena pengerjaan mebel bisa menjadi lebih cepat. Mesin jenis circular lebih banyak di gunakan karena bisa memotong kayu yang tebal maupun tipis. Sedangkan mesin jigsaw lebih banyak di gunakan untuk membentuk kayu menjadi beberapa macam bentuk yang berbeda dengan lekuk yang sulit dibuat oleh mesin circular.

Perbedaan Jenis Mesin Potong Kayu Jigsaw dan Circular

Ada beberapa perbedaan yang mendasar selain fungsi dari mesin potong kayu jigsaw dan circular. Meski kedua mesin ini memiliki peran yang sama pentingnya dalam produktivitas pabrik mebel, namun tentunya ada beberapa perbedaan mendasar yang menjadi kelebihan sekaligus kekurangan mesin pemotong kayu untuk usaha. Meski begitu dengan mengenalinya Anda tentu bisa memanfaatkannya secara maksimal agar supaya hasil kinerjanya lebih baik lagi.

Berikut ini adalah beberapa perbedaan yang di miliki mesin jigsaw dan mesin circular.

  • Daya listrik

Secara umum daya listrik yang digunakan oleh mesin pemotong kayu jigsaw relatif lebih kecil ketimbang mesin pemotong kayu jenis circular.  Hal ini di sebabkan mesin jigsaw memang di peruntukkan hanya untuk membuat lekukan atau potongan bentuk zig-zag serta bukan untuk memotong jenis kayu yang tebal sehingga tidak memerlukan daya listrik yang besar.

  • Jenis potongan

Mesin jigsaw memiliki lebih banyak jenis mata pisau yang berbeda, dengan berbagai mata pisau tersebut Anda bisa membuat jenis lekukan dan hiasan yang bermacam-macam. Sedangkan mesin circular terbatas untuk memotong atau membelah kayu saja dan tidak bisa  digunakan untuk membuat lekukan.

  • Bidang kerja fleksibel

Mesin jigsaw bisa Anda gunakan pada bidang kerja yang miring, datar atau tidak rata sekalipun. Sangat berbeda dengan mesin circular yang mengharuskan kinerjanya berada di posisi bidang yang datar untuk bisa mencapai hasil yang maksimal. Itulah beberapa perbedaan yang di miliki jenis mesin potong kayu.

Related posts: