berat badan

Resiko Dengan Berat Badan Kurang

berat badanBanyak orang yang tidak ingin menjadi gemuk karena tidak menarik penampilannya. Sehingga banyak ingin berbadan kurus langsing. Tapi jangan salah beranggapan bahwa lebih baik kurus daripada gemuk. Memang terlalu gemuk tidaklah baik namun menjadi kurus pun juga sama tidak baiknya. Karena tubuh yang terlalu kurus rentan akan kematian karena gangguan kesehatan. Berat badan yang di bawah rata-rata lebih beresiko terhadap berbagai macam penyakit yang tak kalah berbahayanya.

Beberapa Resiko Memiliki Berat Badan Di Bawah Rata-rata

Masalah kesehatan  berbadan kurus antara lain gangguan jantung. Karena fungsi hati yang mengatur peredaran darah ke seluruh tubuh akan terganggu sebab otot jantung menjadi lemah akibat terlalu kurus. Hal ini akan mengakibatkan denyut nadi menjadi turun juga dengan tekanan darah yang menyebabkan serangan jantung. Anemia juga merupakan efek dari berat badan yang terlalu kurus. Karena dengan berkurangnya kadar zat besi pada tubuh mengakibatkan anemia yang menyebabkan penurunan jumlah sel darah merah di dalam tubuh. Ada juga beresiko osteoporosis karena massa tulang yang rendah hingga menjadi rapuh dan rentan akan resiko patah tulang. Sakit paru-paru menjadi resiko yang berikutnya karena dengan sakit paru-paru yang kronis seperti asma, pneumonia dan bronchitis akan menyerang di usia lanjut. Dengan terlalu kurus akan kekurangan adipokin sejenis sel yang diproduksi pada lemak untuk daya tahan tubuh. Selain itu pada pria akan berakibat dengan berkurangnya kualitas sperma.

Terjadinya disfungsi ovulasi yang terjadi pada reproduksi wanita akan mengakibatkan sulitnya untuk hamil Dilihat dari resiko yang dikarenakan badan terlalu kurus tentunya cukup mengerikan. Karena itulah bagi yang berbadan kurus harus segera diatasi dengan program diet penambahan berat badan agar terhindar dari berbagai macam resiko akibat badan terlalu kurus. Pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat menjadi penyebab faktor terjadinya badan terlalu kurus. Hindarilah minuman yang mengandung alkohol, usahakan untuk tidak sering begadang dan lakukanlah olahraga secara rutin. Makanlah makanan yang mengandung nutrisi dan cukup minum air putih.

Related posts: